KD 3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan pengertian, fungsi serta
mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan atau poster dari berbagai
sumber.
Dalam bab sebelumnya, kita sudah mendalami teks berita dari berbagai
media. Saat mengikuti berita, baik melalui media cetak maupun elektronik kita
tidak akan lepas dari yang namanya iklan. Tujuannya untuk membujuk dan
memengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat sesuai dengan yang dikehendaki
iklan tersebut.
Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan. Dalam hal
ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang
dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai
pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak.
1.
Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan dan
Poster
ü Iklan
Perhatikan contoh di bawah
ini!
Silakan kalian buka tautan
berikut https://youtu.be/0yxWfBgBNVk
dan teks di bawahnya.
Kalian pasti sudah
mengetahui bahwa kedua contoh di atas merupakan iklan. Contoh yang pertama
merupakan ikalan melalui media elektronik sedangkan iklan yang kedua merupakan
iklan media cetak. Iklan yang pertama tentang virus corona. Dengan iklan
tersebut menghimbau kepada khalayak supaya melakukan beberapa hal untuk
mencegah penyebaran virus corona. Sedangkan pada iklan yang kedua atau teks berikutnya
bermaksud mengajak siswa kelas XII untuk mempersiapkan diri melanjutkan kuliah.
Dengan iklan tersebut diharapkan siswa
kelas XII untuk mengikuti program tersebut untuk persiapan menghadapi SNMPTN.
Iklan dapat diartikan pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.
Ikan tidak hanya
merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan
sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan di bawah ini.
a.
Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk
menjual barang dan jasa.
b. Untuk pemerintah, untuk menyebarkan
informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
c.
Dan bagi orang perorangan, untuk membeli
dan menjual banrang-barang pribadi,
d.
Secara garis besar tujuan dari iklan
adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi tertarik untuk
menggunakan suatu produk/ jasa.
e.
Memberikan informasi kepada khalayak
mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide.
Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa
yang ditawarkan.
f. Mempengaruhi orang lain yang merupakan
target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan
kepada mereka.
Ciri-Ciri Iklan
Sangat mudah untuk
mengenali sebuah iklan. Dengan mengenali karakteristiknya, kita dapat
mengetahui apakah sebuah pesan atau informasi merupakan sebuah iklan atau
tidak.
Berikut ini adalah ciri-ciri iklan pada
umumnya:
Ø Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif
Ø Iklan menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang
lain.
Ø Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan
mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.
Ø Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.
Jenis Iklan
Dilihat dari isinya,
iklan dikasifikasikan dalam tiga jenis:
v Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)
Tujuan iklan ini
adalah untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa
perstiwa, keadaan, atau hal lainnya.
Iklan ini dapat berupa iklan turut berduka cita, pesta pernikahan,
pengajian akbar, pertandingan sepakbola, pelaksanaan kegiatan rapat, dan
sebagainya.
Contoh :
v Iklan Layanan
Masyarakat
Tujuan Iklan ini adalah untuk memberikan penerangan atau
penjelasan kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang
digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak.
Sifat iklan ini adalah sosial agar masyarakat sebagai
audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta
berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik
(Pujiyanto. 2014).
Contoh :
v Iklan Niaga
Iklan produk memiliki nama
lain sebagai iklan niaga. Dimana tujuan utama dari dibuatnya iklan ini adalah
untuk mempromosikan suatu produk agar laku di pasaran. Tentunya setiap produk
yang dibuat iklannya ini disebutkan apa saja kelebihannya. Jadi setiap orang
yang membacanya jadi tahu apa saja kelebihan produk tersebut jika dibandingkan
dengan produk sejenis.
Contoh :
Unsur Iklan
Struktur Iklan
ü Slogan/ Poster
Slogan
adalah kata-kata atau kalimat yang relatif pendek yang umumnya begitu menarik
dan mudah untuk diingat yang digunakan untuk memberitahukan atau menyampaikan
suatu informasi. Slogan sering pula disebut
motto atau semboyan. Slogan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan
kata-kata.
Contoh :
v Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah
Artinya, perlunya mengutamakan kesetaraan antar sesama.
v Bersatu kita teguh bercerai
Artinya, perlunya persatuan dan kesatuan.
v Tiada hari tanpa prestasi
Artinya, pentingnya mengukir prestasi setiap hari.
Poster adalah plakat ( kata – kata dan
gambar) yang dipajang di tempat – tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan,
yakni pemberitahuan suatu ide , hal baru, atau hal penting kepada khalayak.
Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata – kata. Poster lazimnya dipasang
di tempat – tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam
hal bahasanya. Poster menggunakan kata – kata singkat, jelas, menarik, dan
lengkap.
Contoh :
Berdasarkan contoh poster di atas dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya. Dinding-dinding aula, tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Apa yang dimaksud
dengan iklan
2.
Apa fungsi iklan?
3.
Dimana saja iklan
bisa kamu temukan?
4.
Bagaimana fungsi
iklan bagi pemerintah dan perusahaa?
5.
Apa persamaan iklan,
slogan drngan poster?
Posting Komentar untuk "Iklan, Sarana Komunikasi"