Iklan, Sarana Komunikasi

KD 3.3   Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai    sumber yang dibaca dan didengar.

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menjelaskan pengertian, fungsi serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan atau poster dari berbagai sumber.

Dalam bab sebelumnya, kita sudah mendalami teks berita dari berbagai media. Saat mengikuti berita, baik melalui media cetak maupun elektronik kita tidak akan lepas dari yang namanya iklan. Tujuannya untuk membujuk dan memengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat sesuai dengan yang dikehendaki iklan tersebut.

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak.

1.      Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan dan Poster

ü  Iklan

Perhatikan contoh di bawah ini!

Silakan kalian buka tautan berikut https://youtu.be/0yxWfBgBNVk dan teks di bawahnya.

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa kedua contoh di atas merupakan iklan. Contoh yang pertama merupakan ikalan melalui media elektronik sedangkan iklan yang kedua merupakan iklan media cetak. Iklan yang pertama tentang virus corona. Dengan iklan tersebut menghimbau kepada khalayak supaya melakukan beberapa hal untuk mencegah penyebaran virus corona. Sedangkan pada iklan yang kedua atau teks berikutnya bermaksud mengajak siswa kelas XII untuk mempersiapkan diri melanjutkan kuliah.  Dengan iklan tersebut diharapkan siswa kelas XII untuk mengikuti program tersebut untuk persiapan menghadapi SNMPTN.  

Iklan dapat diartikan pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Ikan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan di bawah ini.

a.    Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

b. Untuk pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

c.    Dan bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual banrang-barang pribadi,

d.   Secara garis besar tujuan dari iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi tertarik untuk menggunakan suatu produk/ jasa.

e.    Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.

f. Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Ciri-Ciri Iklan

Sangat mudah untuk mengenali sebuah iklan. Dengan mengenali karakteristiknya, kita dapat mengetahui apakah sebuah pesan atau informasi merupakan sebuah iklan atau tidak.

 

Berikut ini adalah ciri-ciri iklan pada umumnya:

Ø Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif

Ø Iklan menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.

Ø Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.

Ø Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.

Jenis Iklan

Dilihat dari isinya, iklan dikasifikasikan dalam tiga jenis:

v Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Tujuan iklan ini adalah untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa perstiwa, keadaan, atau hal lainnya.  Iklan ini dapat berupa iklan turut berduka cita, pesta pernikahan, pengajian akbar, pertandingan sepakbola, pelaksanaan kegiatan rapat, dan sebagainya.

Contoh :

v Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan Iklan ini adalah untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak.

 

Sifat iklan ini adalah sosial agar masyarakat sebagai audiens dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik (Pujiyanto. 2014).

Contoh :

v Iklan Niaga

Iklan produk memiliki nama lain sebagai iklan niaga. Dimana tujuan utama dari dibuatnya iklan ini adalah untuk mempromosikan suatu produk agar laku di pasaran. Tentunya setiap produk yang dibuat iklannya ini disebutkan apa saja kelebihannya. Jadi setiap orang yang membacanya jadi tahu apa saja kelebihan produk tersebut jika dibandingkan dengan produk sejenis.

Contoh :


            Unsur Iklan


            Struktur Iklan

ü  Slogan/ Poster

Slogan adalah kata-kata atau kalimat yang relatif pendek yang umumnya begitu menarik dan mudah untuk diingat yang digunakan untuk memberitahukan atau menyampaikan suatu informasi. Slogan sering pula disebut motto atau semboyan. Slogan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Contoh :

v Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah

Artinya, perlunya mengutamakan kesetaraan antar sesama.

v Bersatu kita teguh bercerai

Artinya, perlunya persatuan dan kesatuan.

v Tiada hari tanpa prestasi

Artinya, pentingnya mengukir prestasi setiap hari.

Poster adalah plakat ( kata – kata dan gambar) yang dipajang di tempat – tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide , hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata – kata. Poster lazimnya dipasang di tempat – tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata – kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.

Contoh :

Berdasarkan contoh poster di atas dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya. Dinding-dinding aula, tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.

Jawablah pertanyaan berikut!

1.      Apa yang dimaksud dengan iklan

2.      Apa fungsi iklan?

3.      Dimana saja iklan bisa kamu temukan?

4.      Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaa?

5.      Apa persamaan iklan, slogan drngan poster?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Iklan, Sarana Komunikasi"